nasionalisme mahasiswa HI

paling tidak menurut saya saja di sekitaran kampus saya, entah kalo fenomena ini terjadi pula di kampus lainnya.

kalau kita berbicara seorang mahasiswa yang mengambil jurusan Hubungan Internasional, tentunya apa yang dipelajari seputaran politik internasional maupun hubungan diplomatik berbagai aktor yang ada.

setahu saya, politik internasional suatu negara itu dipengaruhi sekali oleh politik domestiknya. begitu juga indonesia, yang selama ini politik luar negerinya termasuk yang ‘loyo’, ya karena keadaan domestiknya juga turut mempengaruhi keadaan tersebut.

sayangnya, kebanyakan mahasiswa Hub.internasional lebih perduli dengan apa yang terjadi di luar negeri sana, tanpa menumbuhkan minat yang sbegitu besarnyaa untuk politik dalam negeri. padahal untuk menguasai politik luar negeri, terlebih dulu kita harus memahami apa yang terjadi di dalam bukan?

penyakit ini terjadi tidak hanya pada saya, tetapi kepada banyak teman2 lainnya.

pertanyaan saya: pantaskah seorang mahasiswa hubungan internasional dianggap mumpuni masalah politk luar negeri kalau mereka sendiri tidak memahami keadaan dalam negerinya sendiri?

yah…mungkin pertanyaan dan tulisan saya kurang begitu penting untuk dipikirkan lebih lanjut. cuma akhir2 ini saya menangkap suatu fenomena bahwa mahasiswa hi selepas sarjana lebih berpikir untuk kerja di luar negeri, bersama badan-badan luar negeri, untk kepentingan mereka sendiri (ntah itu sosial maupun money oriented)

the thing is, yang saya mau coba katakan, seharusnya mahasiswa hi menunjukkan rasa nasionalismenya dengan cara  lebih perduli dengan keadaan lokal, menggunakan ilmunya tersebut. mungkin dapat digunakan sebagai sarana analisis, atau apapun, daripada membahas masalah internasional yang sangat kompleks namun meninggalkan masalah domestik yang tidak kalah kompleksnya.

sekali lagi, ini sebatas pemikiran saya yang idealistik dan mungkin cenderung aneh…hahaha..

maunya saya sih gitu, tapi kenyataan kan beda banget ya… :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: